Just another WordPress.com site

Mudahnya buat KTP di Kota Depok, Jawa Barat

Mobil keliling, sumber google

Kata siapa  membuat KTP sulit, ternyata tidak tuh !, ketika saya cuti hari kerja kemaren yang memang sengaja untuk membuat KTP saya, yang memang sudah harus diperpanjang dan umur KTPnya sudah mau habis, akhirnya saya berusaha memberanikan diri untuk mengurus sendiri sambil membayangkan betapa sulit dan ribetnya dalam mengurus pembutan KTP tersebut, karena selama ini saya sering mendengar  selentingan kabar dari beberapa tetangga di sekitar lingkungan tempat saya tinggal yang katanya selama ini apabila ada warga depok yang akan membuat KTP sangat sulit prosesnya dan lama sekali pembuatanya karena bisa sampai memakan waktu sampai 3 bulan, bahkan sampai berbulan-bulan padahal keberadaan KTP sebagai dokumen setiap individu sangat penting artinya bagi warga itu sendiri, karena KTP tersebut bisa di gunakan untuk beberpa keperluan seperti, mengurus SIM, aktivasi di Bank, mengurus kematian, mengurus pajak dan masih banyak manfaat yang sangat diperlukan bagi warga itu sendiri.

Ketika saya mendengar kabar bahwa sekarang membuat KTP di Depok tidak perlu kekelurahan, tapi dengan memanfaatkan mobil pembuatan KTP keliling yang disediakan oleh SUDINCAPIL (Suku Dinas Catatan Sipil) Kota Depok, yang  jadwal dan tempatnya  ditentukan oleh pengelola Mall atau salah satu Instansi yang ada di Kota Depok, dan kebeneran pada saat itu, pembuatan KTP keliling berlokasi di DTC (Depok Town Center) salah satu Mall yang lokasinya sangat dekat dengan tempat tinggal saya di daerah Sawangan Depok Jawa Barat no.1 tepatnya dimuka perumahan Maha Raja Depok, dan jadwal yang ada dilokasi itu adalah setiap bulan setiap minggu pertama dan minggu ketiga.

Pertama-tama saya mengumpulkan syarat-syarat yang harus dipenuhi, misalnya KTP asli lama, surat pengantar dari Rt dan Rw dan yang terakhir adalah foto copy kartu keluarga (KK), dengan sedikit kesabaran, disana sudah banyak orang-orang yang menunggu dan yang  akan membuat dokumen pribadi mereka masing-masing, serta dengan sabar mereka mengantri untuk dipanggil satu persatu untuk diambil gambar foto diri mereka akhirnya   sekitar 30 menit saya menunggu dengan sedikit kesabaran  kini tinggal giliran saya untuk dipanggil untuk diambil foto diri saya dan ketika saya masuk kedalam mobil keliling tersebut, akhirnya saya diminta untuk diambil gambar diri saya, prosesnya seperti dalam pembuatan SIM, dimana kita tidak perlu membawa foto diri kita tapi kita langsung di foto dimobil itu,  kira-kira kurang dari 5 menit  saya sudah menyelesaikan kegiatan tersebut, setelah itu saya diminta menunggu lagi kira-kira  30 menit berjalan, saya dipanggil lagi untuk untuk mengambil dokumen pribadi saya itu, setelah dicetak dan dilaminating oleh petugas akhirnya selesai juga KTP saya, dan ternyata membuat KTP didaerah saya sangatlah mudah, tidak lama, tidak report, cepat lagi, he… kaya iklan saja.

Bagaimana pembuatan KTP didaerah anda mudah atau ribert  hanya anda yang tahu, dan bagi warga depok khususnya kami informasikan apabila ingin mengetahui lebih lanjut tentang pengadaan pembuatan KTP keliling bisa menghubungi SUDINCAPIL (Suku Dinas Catatan Sipil) Kota Depok Jawa Barat dengan nomor yang bisa dihubungi 021-776256 atau 021-77217457 (jam kantor) semoga informasi ini bermanfaat buat anda khususnya warga Depok dimana saja berada dan pengadaan KTP keliling ini hanya diperuntukan hanya untuk perpanjangan KTP, dengan hanya membawa syarat-syarat seperti, KTP asli lama, foto copy KK, dan yang terakhir surat pengantar dari Rt/Rw, maka kita sudah mempunyai KTP baru, selamat mencoba.

22 responses

  1. wah, hebat ya pelayanan pemda Depok pada warganya .
    berapa biaya yg harus dikeluarkan utk bikin atau perpanjang KTP ini di Depok, Raja?

    bunda di Tangerang, masih tetap dgn cara konvensional, ke rt, rw, kelurahan dgn membawa berkas yg diperlukan, 2 minggu kemudian baru ada berita , bahwa KTP kita sudah selesai, bisa diambil dgn biaya Rp 20 ribu .
    salam

    September 23, 2010 pukul 7:59 am

    • Wah bun kalo di tempat saya biayanya hanya sekedarnya saja bun

      September 24, 2010 pukul 9:30 am

  2. keren donk mas.. di saia masih ahrus ke kantor lurah (paling cepat seminggu plus plus plus…)

    September 23, 2010 pukul 2:45 pm

    • Ya memang seperti itu kenyataanya pembuatan KTP ditempat saya

      September 24, 2010 pukul 9:30 am

  3. sekarang, kebanyakan proses2 yang kaya gini udah menjadi jauh lebih gampang om.
    klo bikin yang dikantor camat/lurah nya, tinggal bawa paspoto ama potokopian ktp sebelumnya…
    lebih hebatnya lagi, pembuatannya boleh diwakilin.. hhahah

    September 24, 2010 pukul 9:02 pm

    • Ya sekarang dan dulu sama saja dan bisa juga minta tolong sama pak Rt, tapi biayanya agak mahal tuh gan, he…

      September 27, 2010 pukul 2:32 am

  4. 'Ne

    wah wah makin enak donk gak terlalu repot ya hehe.. ngomong2 itu foto yg buat avatar jangan2 foto KTP yaa :mrgreen:
    salam..

    September 25, 2010 pukul 12:29 am

    • Eh yaa, he….

      September 27, 2010 pukul 2:29 am

  5. wah, dimana-mana juga gampang koq.
    saya sampai punya banyak KTP, untuk banyak keperluan =,=

    September 26, 2010 pukul 5:00 pm

    • Wah identitasnya engga jelas dong heee….. salam kenal

      September 27, 2010 pukul 2:28 am

      • hahaha ..
        semua sama, kecuali alamat 🙂
        mungkin sudah saatnya kita punya database kependudukan secara online biar bisa di-crosscheck.
        udah ribet, mahal, masih banyak aja celahnya.

        September 27, 2010 pukul 6:20 pm

      • Yah itulah keunikan negeri kita, Indonesia

        September 28, 2010 pukul 4:23 am

    • Punya KTP Bali juga nggak???kalau emang gampang aku mau bikin jg…capek memperbarui pertiga bulan sekali..

      September 27, 2010 pukul 3:46 am

      • Wah kasihan juga ya, mestinya pemda setempat harus memeperhatikan kepentingan warganya

        September 27, 2010 pukul 6:56 am

  6. Enaknya di kota gitu yah??

    Saya di kampung aja kalau mau jadi 3 hari hrs bayar 250 ribu, dan sekarang saya g punya KTP alias KTP nya udah meninggal 😀

    Kemarin pas balik ke Bali terpaksa pinjem KTP adik drpd g bisa masuk Bali, he he he
    Sekarang juga mau ngurusin surat pindah sangat susah masa harus sampai Kapolda segala..capek dech!
    Yang kaya gini kan yg bikin kita ambil jln pintas alias bayar mahalan (sama mahalnya kalau hrs kesana-sini) asal g ribet 😦

    September 27, 2010 pukul 3:46 am

    • Memang kebijakan di negeri ini dibuat peraturan seperti ini kok, kalau kita mau cepet lewat belakang alias pake calo, kalau mau pakai peraturan yang berlaku terkesan lama, tapi untungnya di Kota saya tidak seperti itu. he…

      September 27, 2010 pukul 6:59 am

  7. berkunjung dengan senyuuyman

    September 27, 2010 pukul 7:05 am

    • Yah selalu lemparkan senyum kepada semua orang

      September 28, 2010 pukul 4:23 am

  8. aku buat ktp wes akeh mas
    ilang2an
    ehehehe

    September 28, 2010 pukul 5:58 am

    • Larang yo Mas nggawe KTP nenggone sampean hee…

      September 28, 2010 pukul 9:57 am

  9. ani

    bagaimana caranya membuat KTP baru, anak saya tahun ini usianya 17 tahun.

    Oktober 18, 2010 pukul 12:54 am

    • Tinggal datang aja ke mobil keliling pembuatan KTP, hee….

      Oktober 19, 2010 pukul 7:02 am

Tinggalkan Balasan

