Just another WordPress.com site

Tips sederhana untuk para bloger pemula

Sumber google

Pemilik blog selama ini mungkin bertanya-tanya, ” mengapa blog saya sepi pengunjung ? ” dan pertanyaan ini pastinya sering ada dibenak para bloger pemula yang sedang membangun identitas blognya didunia maya, ada beberapa tips sederhana yang mungkin menjadi bahan rujukan bagi para bloger antara lain ialah :

1. Buat tampilan menarik

Pertama buatlah tampilan blog yang menarik karena dengan tampilan yang menarik biasanya pengunjung akan datang terus mengunjungi blog anda dan tidak terasa membosankan karena tampilan yang menarik tersebut.

2. Nama Blog

yang kedua buatlah nama blog yang menarik, mudah di ingat, dan unik, sehingga para pengunjung akan dapat selalu dengan mudah mengingat blog yang kita bangun/buat.

3. Identitas Blog

ketiga jadikanlah blog anda mempunyai identitas sendiri dan harus focus/konsisten pada identitas tersebut, misalnya blog anda membahas mengenai komputer pastinya yang di bahaspun masalah yang ada hubungannya dengan komputer, jangan tiba-tiba atau esoknya membicarakan masalah fashion/mode.

4. Jangan kecewakan pengunjung

yang keempat ini ada hubunganya dengan identitas blog, yaitu apabila blog kita membahas masalah komputer jangan tiba-tiba esoknya membicarakan fashion atau yang lainnya sehingga pengunjung kecewa, alih-alih ingin mencari informasi tentang komputer, tiba-tiba yang didapat informasi lain, tentunya pengunjung akan kecewa.

5. Selalu berinteraksi dengan Bloger lain

Sering-seringlah berkunjung ke blog-blog lain alias blogwalking dan perkenalkanlah diri anda pada bloger tersebut setidak-tidaknya sebagai orang baru mestinya kita wajib memperkenalkan diri terlebih dahulu kepada tetangga-tetangga terdekat kita, yaitu dengan cara membaca dan mempelajari postingan yang ada dibloger tersebut dengan cermat, lalu hal yang tidak boleh di lupakan adalah tinggalkan komentar.

6. Balas komentar

Balaslah komentar para pengunjung yang memberi komentar kepada anda, walaupun komentar itu berisi kritikan, kita harus membalasnya dan menghargai dengan tulus, jangan sampai kita dicap sombong oleh para bloger lain, sehingga mereka tidak akan mau mengunjungi blog kita lagi.

7. Berkomentarlah yang baik.

Hal ini sangat penting sekali, karena dengan kita berkomentar yang baik maka pengunjung lain biasanya akan melihat isi komentar tersebut, dan kalau komentar itu baik, biasanya pengunjung lain akan menilai komentar tersebut dan pada akhirnya ingin mengetahui lebih dalam tentang  blog anda, karena mereka berpikir kalau komentarnya sudah baik bagaimana dengan isi blognya.

Kiranya hanya itu yang dapat saya tulis mengenai tips-tips sederhana yaitu cara mendapatkan pengunjung  yang akan mampir ke blog anda, walaupun sederhana mudah-mudahan berguna bagi para bloger khususnya bloger pemula, apakah anda setuju dan mau menjalankannya atau  anda mempunyai masukan-masukan lainnya ?

Iklan

11 responses

  1. wedeeehh.. bales komen di blog itu penting yaah..

    *langsung ke blog sendiri buat balesin komen* hehehehehehe..

    abisnya byk blogger yg nyuekin komen di postingan dia, ku kira komen itu emg g perlu dibales =.=”

    September 2, 2010 pukul 10:59 am

    • Ya dong, karena kita mesti menghargai bloger lain, bagaimana kita mau dhargai kalau kita tidak menghargai bloger yang berkunjung ke blog kita, setuju non

      September 3, 2010 pukul 2:33 am

    • Ya dong, karena kita mesti menghargai bloger lain, bagaimana kita mau dhargai kalau kita tidak menghargai bloger lain yang berkunjung ke ke blog kita, ya ngga non

      September 3, 2010 pukul 2:53 am

  2. aku pemula bukan ya?
    hahahahah

    September 4, 2010 pukul 7:48 am

    • sepertinya hanya anda sendiri yang tahu, pemula atau bukan, salam kenal ya

      September 5, 2010 pukul 5:47 am

  3. Wah bagus banget tips-tipsnya bagi pemula seperti saya. Salam kenal 🙂

    September 7, 2010 pukul 7:22 am

    • Yah mudah-mudahan bermanfaat buat anda, salam kenal semoga silaturahmi ini selalu terjalin dengan baik, dan mudah-mudahan blog anda tambah ramai, amiinn

      September 7, 2010 pukul 7:54 am

  4. maria

    pak, blog anda cukup bagus, selamat ya, sy baru tahu hari ini, semoga tetap memberikan yang terbaik untuk para pembaca, sukses buat bapak 🙂

    September 21, 2010 pukul 8:26 am

    • Trimakasih atas doanya, dan sukses juga buat anda (Mbak Maria), sering-sering mampir yah ke blogku, masukan dan kritik sangat saya harapkan baik yang bagus ataupun tidak, salam kenal

      September 22, 2010 pukul 4:40 am

  5. JoO

    hehehe saya kalo lagi bosen gag konsen sama identisa xixixix..
    tapi saya tetep suka ngeblog dengan “Mood”…
    jadi selama masih enjoy terus ngeblog pantang mundur 😀

    September 30, 2010 pukul 9:38 am

    • Lanjutkan terus untuk selalu ngeblog
      salam kenal…www.rajakupu.wordpress.com

      Oktober 1, 2010 pukul 1:32 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s