Just another WordPress.com site

Tips aman mudik bagi pengendara roda dua

sumber google

Mudik, ya setiap tahun biasanya masyarakat kita tidak pernah melewatkan kegiatan yang satu ini apalagi  H-1 seminggu menjelang idul fitri di mana orang-orang ramai mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan mudik tersebut, untuk yang mempunyai kendaraan, baik itu kendaraan roda dua atau roda empat kegiatan ini merupakan hal yang sangat istimewa, karena walau bermacet-macet ria dengan pemudik lainnya, susananya sangat berbeda sekali tidak seperti hari-hari biasanya, untuk mudik aman bagi kendaraan roda dua, mungkin ini menjadi informasi yang sangat berguna buat anda selama anda mudik ke daerah nanti :

1. Berdoa

Yah hal yang paling utama sebelum melakukan perjalanan adalah berdoa, karena kita meminta keselamatan hanya dengan Allah Swt, agar kita sampai tujuan dengan selamat dengan  tidak kurang suatu apapun.

2. Cek fisik kendaraan

Yang kedua adalah mengecek kendaraan anda, sebelum berangkat cek fisik kendaraan anda, seperti mesin, oli, rem, lampu depan, lampu sen, busi, ban, dan accesories lannya seperti box motor, atau lampu sen, karena sarana penunjang ini sangat penting sekali di perhatikan, salah satu kelengkapan ini tidak lengkap, pastinya bisa membuat fatal anda dan keluarga anda.

3. Fisik pengendara.

Yang ketiga adalah fisik pengendara sendiri, dimana fisik  pengendara merupakan hal yang penting yang sangat di perhatikan, cobalah sebelum berangkat kita untuk tidur di rumah sekitar 2 jam sebelum memulai perjalanan dan memakan makanan yang bergizi dan bervitamin serta lakukan perenggangan , karena apabila selama perjalanan kita tidak bugar atau  mengantuk maka akan membahayakan kita atau pengendaraan lannya sehingga terjadi kecelakaan.

4. Gunakan helem

Keempat adalah helem, sebagai pelindung kepala kita, benda yang satu ini memang tidak boleh di remehkan oleh pengendara, karena helem sangat bermanfaat sebagai pelindung kepala kita, yang fungsinya apabila terjadi kecelakaaan yang berakibat cedera parah di kepala kita yang bisa mengakibatkan korban geger otak bahkan yang lebih parah pengendara bisa tewas, kami sarankankan pakailah helem yang berstandar SNI yang berkualitas, karena sekarang banyak helem belabel SNI tetapi berkualitas jelek atau abal-abal, pastikan helem anda jangan berharga di bawah 100rb karena helem jenis ini walau berlabel SNI tetapi kualitasnya jelek karena anda akan melakukan perjalanan jauh, yg bisa memakan waktu berjam-jam.

5. Perhatikan muatan

Yang kelima adalah perhatikan muatan penumpang atau barang anda, karena dengan banyak kita membawa barang atau kelebihan penumpang maka akan mengganggu pengendara tersebut, dimana bisa saja pengendara tersebut kehilangan konsentrasi karena jarak pandang terganggu, atau mengganggu keseimbangan pengendara sehingga kemungkinan besar bisa terjadi kecelakaan.

6. Perhatikan medan jalan

Tidak dapat dipungkiri banyaknya tejadinya kecelakaan, karana pengendara tidak memperhatikan medan jalan yang akan dilalui, dimana pengendara harus konsentrasi penuh terhadap medan jalan selama melalui jalan yang akan dilalui seperti, lobang jalan, jalan bergelombang, rambu-rambu, jalan turun atau naik, jalan licin, marka jalan, hujan atau kapan kita akan menyalip kendaraan lain.

7. Sempatkan istirahat

Dan yang tak kalah penting adalah istirahat, selama perjalanan biasanya pengendara mengalami lelah, atau mata ngantuk, kami sarankan anda untuk beristirahat sejenak di rumah makan, mushola atau di pom bensin, karena dengan meyempatkan istirahat banyak manfaat yang dapat diambil seperti makan, buang air, isi bahan bakar ataupun sholat, dan yang terakhir ini jangan sampai kita meninggalkannya, karena kita harus selalu ingat padanya sang pemberi hidup dan nikmat.

8. Berzikir

Dan yang terakhir adalah selalu mengingat Allah dengan cara terus berzikir selama perjalanan, karena dengan berzikir membuat kita sabar, sehingga saat mengendarai kendaraan kita tidak grusa-grusu atau terburu-buru, dan biasanya dengan kita selalu berzikir maka kita akan selalu diberi kesabaran, dengan sabar mudah-mudahan kita selamat sampai tujuan, dan ingatlah bahwa Allah bersama orang-orang yang sabar.

kiranya hanya cukup  tips ini yang bisa saya tulis, semoga bermanfaat bagi anda semua bagi yang ingin mudik dan bersilaturahmi dengan orang tua atau sanak saudara dan kerabat di kampung halaman masing-masing, sehingga anda dan keluarga anda selamat sampai tujuan tanpa kurang suatu apapun, Amin…nn

Ada yang mau menambahkan ?

Iklan

10 responses

  1. uniharuni

    iya nih untuk teman2 yang harus mudik di hari lebaran harus ekstra hati2. semoga selamat sampai tujuan…

    Agustus 27, 2010 pukul 1:42 pm

    • Trimakasih untuk suportnya Uniharuni untuk teman-teman semua, yg akan mudik semoga selamat semua ya, dan selamat mudik hee….

      Agustus 31, 2010 pukul 2:33 am

  2. Himawan

    makasih uda berkunjung ke blogq,moga tambah sukses ya

    Agustus 27, 2010 pukul 1:51 pm

    • Sama-sama gan, biar blog agan juga sukses deh, Amiiin

      Agustus 31, 2010 pukul 1:38 am

  3. yang ga kalah pentingnya adalah semangat mudik/…hhahaha

    Agustus 30, 2010 pukul 12:17 am

  4. tips yang bagus dan bermanfaat bagi para pemudik…salam kenal ya mas..trims tlah berkunjung ke blogku…sering-sering berkunjung ya.. 🙂

    Agustus 30, 2010 pukul 5:58 am

    • Sama-sama mbak UmmuRizka semoga tambah ramai ya blognya

      Agustus 31, 2010 pukul 2:28 am

  5. Betul gan, jangan sampe loyo tuh dan harus fit, entar bisa-bisa bukanya nyampe ke kampung halaman malah ke rumah sakit gan, tapi kita doain moga para pemudik pada selamat semuanya ya gan tanpa kurang suatu apa, agar mereka bisa bersilaturahmi dengan keluarga mereka di sana, Amiinn.

    Agustus 31, 2010 pukul 1:42 am

  6. tunggudulu

    makasieh udah berkunjung ke blog saya….wah mudik tuh merupakan budaya indonesia…moga mudik tahun ini lebih aman dan nyaman.

    Agustus 31, 2010 pukul 3:15 am

    • Sama-sama, semoga blognya tambah ramai ya, dan banyak pengunjung yg kesengsem (tergoda) sama blog anda, hee….

      Agustus 31, 2010 pukul 3:37 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s